Perbedaan Efekivitas Model Inquiry learning Dengan Problem based learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV

  • Elma Wijayanti Universitas Kristen Satya Wacana
  • Endang Indarini Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas model pembelajaran inquiry learning dan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik kelas IV. Penelitian menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di SDN 3 Getas dan SDN 2 Getas dengan populasi siswa kelas IV. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi untuk mengeahui akivitas prosses pembelajaran dan teknik tes untuk mengukur kemampuan tingkat berpikir krittis siswa. uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji T. Dilanjutkan mengujikan hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan efektivitas yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran inquiry learning dengan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran kelas IV. Hasil dari pretest dan posttest diketahui presentase untuk pretest eksperimen I sebesar 67% dan pretest eksperimen II sebesar 66% dan untuk presentase posttest eksperimen I sebesar 82% dan posttest eksperimen II sebesar 72%. Hal ini juga ditunjukkan berdasarkan uji prasyarat yang telah dilakukan yaitu uji normalitas dan homogenitas menunjukkan signifikan dan homogen, selanjutnya dilakukan uji independent sampel Test menunjukkan bahwa nilai signifikasi sebesar 0,000 yang berarti bahwa lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Dari uji T menunjukkan > yaitu 6,334>2,01808 dengan signifikasinya adalah 0,000<0,05 yang menunjukkan bahwa ditolak dan diterima.

Published
2020-04-02
How to Cite
Wijayanti, E., & Indarini, E. (2020). Perbedaan Efekivitas Model Inquiry learning Dengan Problem based learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV. JURNAL ILMIAH WAHANA PENDIDIKAN, 6(2), 1-12. https://doi.org/10.5281/zenodo.3737205