MAKNA REFLEKSI PEKERJA SEKS KOMERSIAL DI SURATKABAR HARIAN JAWA POS RADAR MALANG

  • Putri Nurdiana Jailan Universitas Bumi Hijrah
Keywords: Makna Refleksi, Kapitalisme, Berita PSK

Abstract

“Media massa adalah kelas yang mengatur” sebut Kun Wazis, dalam bukunya berjudul Media Massa dan Konstruksi Realitas. Pendapat yang diambil dari premis teori Marxis ini menguak tentang posisi media dalam sistem kapitalisme modern, bahwa media massa diyakini bukan sekadar media penyampai pesan antara unsur-unsur sosial dalam suatu masyarakat, melainkan juga berfungsi sebagai alat penundukan dan pemaksaan konsensus oleh kelompok secara ekonomi dan politik dominan.

Dalam kehidupan sosial, hubungan perempuan dan laki-laki, posisi perempuan selalu ditempatkan pada posisi “wingking”, “orang belakang”, “subordinasi”, perempuan selalu yang kalah, namun sebagai “pemuas” pria, pelengkap dunia laki-laki. Hal-hal inilah yang direkonstruksi dalam media massa melalui iklan-iklan komersial dan pemberitaan, bahwa media massa juga disebut sebagai refleksi dunia nyata, refleksi alam sekitarnya (Bungin, 2006).

Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis hermeneutika Paul Ricoeur dengan tujuan mengetahui makna refleksi dibalik pemberitaan PSK di SKH Jawa Pos Radar Malang. Pada level ini, hermeneutika harus melalui tahap yang lebih tinggi untuk memperoleh posisi sebagai sebuah filsafat. Posisi ini akan teraih dengan melalui proses ulang-balik antara pemahaman teks dengan pemahaman diri. Tujuan hermeneutika dalam hal ini adalah memahami diri sendiri melalui pemahaman orang lain. Yaitu dengan mengatasi jarak waktu yang memisahkan antara kita dengan teks.

Published
2019-12-02