IDIOLOGI DAN KEKUASAAN MEDIA

  • Baharudin Hasan Universitas Bumi Hijrah
Keywords: Idiologi, kekuasaan Media

Abstract

Idiologi Dan Kekuasaan Media. Permasalahan yang di telaah dari penulisan artikel ini adalah bagaimana fungsi idiologi di dalam kekuasaan Media Massa yang digunakan oleh kepentingan para kapitalis, untuk mengejar kepentingan materi dan politik

Tujuan penulisan artikel adalah mengetahui bentuk kerja dari kekuasaan media dalam membentuk idiologi kepentingan kelompok penguasa untuk mencari keuntungan baik secara material maupun kepentingan politik.  Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah telaah kajian pustaka, penulis berusaha menjelaskan permasalahan yang berkaitan dengan Idologi dan Kekuasaan Media dengan memberikan penjelasan melalui referensi buku-buku yang kompeten berdasarkan pada kajian tersebut. Adapun pendekatan yang di lakukan pada penulisan artikel ini adalah pendekatan kajian kritis media.  Berdasarkan hasil telaah kajian pustaka menjelaskan bahwa Idiologi adalah system ide-ide yang diungkapkan dalam komunikasi, melalui media Massa. Idiologi dipresepsi sebagai nilai-nilai kelompok social tertentu untuk membela dan memajukan kepentingan-kepentingan mereka. Secara negative, sebagai kesadaran palsu, untuk melakukan penipuan dengan memutarbalikan pemahaman orang mengenai realitas social. Melalui idiologi, diartikan berhubungan dengan social, politik yang diterapkan secara meluas. Kelas berkuasa, mempropagandakan idiologi membenarkan statusnya dan melegaliatas kepentingan politiknya.  Media Massa merupakan tempat perjuangan (trugle) idiologi. Media digunakan sebagai kekuatan kapitalis, bahkan politik elit tertentu. Media cenderung dimonopoli oleh kelas kapitalis, untuk memenuhi kepentingan kelas social tersebut. Para kapitalis melakukan hal tersebut dengan mengekspolitasi pekerja budaya dan konsumen secara material demi memperoleh keuntungan material maupun politik. Para kapitalis tersebut bekerja secara idiologis dengan menyebarkan ide dan pandang kelas penguasa.

Published
2019-12-02